Dua Karakter Berjiwa Bisnis dalam Upin Ipin

Jika ditanya siapakah karakter yang paling suka bisnis di Upin Ipin? Mungkin penonton setia akan menjawab serempak dan kompak Mail!. Anak kecil teman Upin Ipin ini benama lengkap Ismail bin Mail. Rambutnya panjang dibanding teman-teman sesama lelaki dengan model belah tengah di jidatnya.

Memang, Mail adalah tokoh atau karakter yang berjiwa bisnis di Animasi Upin Ipin. Terbukti dari penggambaran karakter. Tidak hanya saat episode jadi wirausahawan. Tetapi juga di setiap episode Upin Ipin, Mail digambarkan selalu mencari celah bisnis.



Jika Ipin identik dengan kata:

"Betul, Betul, Betul"

Mail identik dengan kata:

"Dua Singgit, Dua Singgit" Maksud pekataan Mail yang biasa terdengar Due singgik, ini adalah segala yang dijualnya harganya seringgit dapat dua.

Kalau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan istilah yang khas, seribut tiga. Mirip dengan itu. Jika di Indonesia harganya dulu yang disebut, sementara ucapan Mail yang disebut dulu adalah jumlahnya.

Mail memiliki potensi dan jiwa bisnis yang tinggi. Dia selalu memanfaatkan kesempuatan apapun untuk bejualan. Ketika musim rambutan, Mail yang punya ide untuk mengambil Rambutan Tok Dalang untuk kemudian menjualnya. Ketika pemadaman listrik di kampungnya, Mail juga berbisnis menjual lilin.

Ketika harus membawa bekal ke sekolah, Mail membawa banyak sekali ayam goreng. Bukan hanya untuk bekal tetapi juga untuk dijual kepada teman-temannya.

Nah, selain Ismail bin Mail, ada dua karakter lain yang punya jiwa bisnis yang kuat. Siapakah kedua karakter dalam Upin Ipin yang punya karakter bisnis yang kuat.

Dia adalah Tok Dalang Ranggi dan Paman Ah Tong.

Tok Dalang bisa disebut sebagai punya jiwa bisnis dan usaha yang kuat karena dia memelihara hewan ternak dan memiliki kebun yang luas.

Tok Dalan selain memiliki seekor ayam jantan yang bernama Rembo juga memiliki ternak ayam kampung yang banyak. Dalam sebuah episode tentang ayam, Upin dan Ipin tertarik untuk mengamati ayam betina yang sedang bertelur. Begitu bahagianya Upin dan Ipin melihat ayam bertelur, telur itu kemudian diambil. Karena kecerobohan mereka berdua, telur ayam milik Tok Dalang pecah.

Tok Dalang sontak mengatakan, "Rugi aku...."

Selain memiliki ternak ayam, Tok Dalang juga memiliki usaha berupa kebun durian, kebun kelapa, dan pohon rambutan. Kesemuanya bisa menghasilkan uang.

Upin Ipin adalah orang yang paling sering diajak oleh Tok Dalang. Di usia yang sudah tua, Tok Dalang tetap memiliki usaha yang banyak dan bisa menghasilkan. Selain itu, Tok Dalang juga seing mengajarkan Upin Ipin untuk bisa beusaha membuat mainan sendiri dan mencari dari pada membelinya.

Tokoh kedua selain Mail yang memiliki jiwa bisnis tinggi adalah paman Ah Tong. Dia memiliki banyak usaha. Suatu ketika Paman Ah Tong yang berlogat cina membeli barang-barang bekas dari warga. Termasuk dari Upin dan Ipin serta Kawan-Kawannya.

Di saat yang lain, Paman Ah Tong menjadi pengepul dan dari penyadap karet, termasuk dari Opah, nenek Upin dan Ipin. Dari sini tampak bahwa Paman Ah Tong memliki jiwa bisnis dan memiliki banyak usaha yang digeluti.

Posting Komentar

0 Komentar