Daftar Nama Karakter Hewan dalam Upin Ipin

Daftar Nama Hewan dalam Upin Ipin

Tokoh dan karakter yang ada dalam serial kartun Upin dan Ipin dan Kawan-kawan sangat beragam. Setidaknya ada tiga hewan yang ikut ambil bagian dalam cerita Upin Ipin.

Berikut ini adalah ketiga karakter hewan yang ikut beperan aktif dalam cerita Upin Ipin sehingga membentuk cerita dan memengaruhi jalannya cerita.

Ketiga karakter hewan dalam Upin Ipin adalah Sapy (sepi); Apin; dan Rembo.

Berikut penjelasannya:

Karakter Sapy

Sapy adalah hewan peliharaan Uncle Muhtu yang digembalakan oleh Rajoo. Sapy penah muncul dalam cerita Geng Pengembara. Ketika Upin dan Ipin mengantarkan Badrol ke kampung. Dia menaiki pedati yang dikemudikan oleh Rajoo (Baca: Raju).

Sapy adalah peliharaan yang penurut tetapi hanya mau mendengarkan perkataan Rajoo. Meskipun kata yang diucapkan sama, tetapi jika bukan Rajoo, Sapy tidak pernah akan menuruti.

Jadi, meskipun hewan penarik pedati, Sapy tidak dipasangi tali kekang. Ketika hendak menjalankan pedati, Rajoo tinggal mengatakan, “Sapy.... Go!”. Sementara ketika hendak menghentikan jalannya pedati, Rajoo mengatakan, “Sapy... Stop!” maka Sapy akan segera menghentikan langkahnya sehingga pedati juga berhenti.

Selain dalam episode pengembaraan ke hutan, karakter Sapy juga muncul dalam episode Sapy oh Sapy. Dalam episode tersebut, Upin Ipin dan Rajoo serta teman-teman yang lain kebingunan mencari Sapy yang hilang.

Seperti biasa, Sapy tidak dipasangi tali kekang, sehingga bebas mencari rumput ketika digembalakan. Karena terlalu asyik bermain Upin Ipin dan kawan-kawan tidak memedulikan keberadaan Sapy. Hingga sore tiba baru ingat bahwa mereka sedang menggembalakan hewan peliharaan Uncle Muhtu.

Upin Ipin dan kawan-kawan mencari-cari keberadaan Sapy. Mereka sudah lelah mencari keliling kampung, maka dia memutuskan untuk melaporkan kepada pemilikn Sapy.

Yang ditugasi lapor adalah Upin Ipin dengan diikuti oleh seluruh temannya. Tetapi ketika sampai di kedai makanan Uncle Muhtu, Upin Ipin dan kawan-kawannya mendapati Sapy sudah ada di situ.

Karakter Apin

Apin adalah nama yang diberikan oleh kembar Upin Ipin kepada seekaor anak kucing yang baru ditolongnya. Ketika awal menemukan, Upin Ipin yakin bahwa mereka tidak mungkin memelihara kucing tersebut di rumah. Takut dimarahi oleh Kak Ros. Kakaknya.

Upin Ipin hanya menolong anak kucing tersebut dengan membuatkan tempat berteduh karena saat itu hujan. Bukannya tinggal di tempat yang telah dibuatkan, anak kucing itu justru mengikuti Upin Ipin sampai ke rumah.

Karena merasa kasihan maka Upin Ipin memutuskan untuk memeliharanya. Kak Ros awalnya menolak tetapi akhirnya menyetujui dengan catatan Upin Ipin bisa memelihara anak kucing yang kemudian diberi nama Apin.

Cerita itu muncul dalam episode Upin, Ipin, dan Apin.

Rembo, Karakter Hewan yang Paling Sering Muncul dalam Serial Upin&Ipin


Karakter Rembo

Rembo adalah ayam jantan peliharaan Tok Dalang Ranggi. Rembo adalah ayam jantan genit yang suka mengganggu dan menarik perhatian ayam betina. Tingkah laku Rembo selalu membuat gemas Upin dan Ipin.

Rembo adalah Ayam Jantan yang suka mencuri sandal jepit dan alas kaki yang lain. Suatu ketika Upin Ipin dan kawan-kawan bermain lempar sandal jepit. Tetapi di akhir permainan, ada yang kehilangan sandal.

Maka dicarilah sandal yang hilang tersebut. Ada jejak kaki yang mencurigakan yang gmenyeret sandal. Setelah dilakukan penelusuran ala detektif oleh Upin Ipin,  maka diketahui bahwa yang mengambil sandal adalah Rembo dan disembunyikan di bawah tempat tinggal Tok Dalang Ranggi.

Ada lagi karakter hewan yang sering muncul dalam cerita Upin Ipin. Akan tetapi masing-masing karakter hewan tersebut tidak menjadi pokok pembahasan cerita. Jika dijabarakan dengan teori penokohan. Hewan-hewan yang tidak terlibat dalam inti cerita bisa disebut dengan pemeran figuran.

Berikut ini hewan yang berperan sebagai tokoh figuran dalam cerita Upin Ipin.

Angsa

Angsa berkali-kali muncul dalam cerita Upin Ipin. Salah satunya ketika Upin Ipin mengumpulkan barang bekas untuk dijual kepada Paman Ah Tong. Pada saat itu, Upin Ipin berteriak minta tolong karna dikejar angsa.

Katak

Katak dalam cerita Upin Ipin sering muncul. Ada ketika banjir, Katak masuk ke dalam rumah sehingga membuat geli Kak Ros yang sedang menyapu. Juga menjadi incaran Upin Ipin ketika mendapat tugas untuk membawa hewan di ekosistem sekitar dari Cikgu Jasmin dan Cikgu Melati.

Katak tidak hanya sekali muncul. Karakter katak dalam Upin Ipin sering muncul meskipun sebagai figuran.


Kelinci Kungfu Tua

Kelinci Kungfu Tua adalah tokoh pencerita dalam serial kartun Pada Zaman Dahulu. Sebagai sesama produksi dari Les Copaque. Beberapa karakter dalam kedua kartun tersebut saling bertukar tempat. Ada kalanya Kelinci Kungfu Juga muncul dalam cerita Upin Ipin. Ada kalanya Upin Ipin juga nonton televisi yang acaranya adalah ‘Pada Zaman Dahulu’.

Pun begitu sebaliknya, tak jarang pula Aris dan Ara, tokoh dalam acara televisi ‘Pada Zaman Dahulu’ membaca komik Upin Ipin.

Tokoh Hewan Lain

Dalam bagian ini disebut dengan ‘Tokoh Hewan Lain’ karena yang dimaksud adalah Opet, Ibu Opet, dan Ular Raksasa. Opet semacam hewan tapi bukan hewan. Karena ini adalah makhluk imajiner pemakan Durian. Adanya di hutan di belakang perkampungan Upin Ipin.

Posting Komentar

8 Komentar

  1. Burung yg terbang pake baling-baling itu apa namanya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. telur dainesouwr...
      tomat, chili, sawi opah yg rusak...
      jambu air tok dalang yg banyak lubang...
      tersangka >>> burung ayam goreng (sejenis twirlywoos kalo di cbeebies channel)
      :D

      Hapus
    2. hahaha. hama itu ya... baru ingat. Yang tidak bisa ditangkap oleh upin ipin dan kawan-kawan.

      Hapus
  2. Laba labanya fizi siapa namanya

    BalasHapus