Daftar Latar Tempat Cerita Animasi Upin Ipin



Daftar Latar Tempat Cerita Animasi Upin Ipin

Cerita Upin Ipin dan Kawan-Kawan ada dua, yaitu di Kampung Durian Runtuh dan Metromillenium. Tetapi kebanyakan cerita dari musim pertama hingga musim terakhir berlatar Kampung Durian Runtuh.

Kampung Durian Runtuh adalah kampung yang ada di desa di Pedalaman Malaysia. Di Kampung tersebut terdapat pedagang makanan yang bernama Paman Muthu (Uncle Muthu) dengan menu andalan Nasi Lemak dan ABCD (Ais Batu Campur Durian) Es Batu Campur rasa Durian.

Di kampung Upin Ipin yang bernama Kampung Durian Runtuh tersebut jarak rumah masih sangat jauh. Antara tetangga satu dengan tetangga lain terpisah oleh pekarangan yang luas. Jika hendak pergi ke rumah temannya, Upin Ipin harus berjalan kaki, bahkan tak jarang harus berlari.



Kampung Durian Runtuh

Di Kampung Durian Runtuh, Upin Ipin dan Kawan-kawan sering menghabiskan waktu bermain di tanah lapang (lapangan kampung). Di lapangan tersebut terdapat pos ronda (di Indonesia disebut Pos Kamling) dan pohon rindang.

Selain berlatar rumah, cerita Upin Ipin juga ada di bagian lain kampung Durian Runtuh. Beberapa tempat yang ada di Kampung Durian Runtuh yang menjadi latar cerita dalam animasi Upin Ipin adalah selokan, sungai, kebun karet, kebun durian, dan hutan.

Selokan

Selokan salah satunya muncul dalam cerita Upin Ipin dan Apin. Apin adalah anak kucing yang diselamatkan oleh Upin Ipin ketika anak kucing tersebut kehujanan. Upin dan Ipini kasihan kepadan kucing kecil tersebut dan membawanya pulang.

Sungai

Sungai sering muncul dalam cerita Upin Ipin. Ketika memancaing bersama Tok Dalang Ranggi, latar sungai selalu muncul. Begitu pula ketika mencari ikan beradu (ikan cupang), Tok Dalang Ranggi mengajak Upin dan Ipin serta kawan-kawannya untuk bersama mencari ikan beradu di tepi sungai.

Kebun Karet

Kebun karet muncul dalam cerita ketika Upin dan Ipin ingin dibelikan mainan mobil-mobilan seperti teman-temannya. Untuk mendapatkan uang tambahan Opah (Nenek Upin Ipin) bekerta menyadap karet di kebun karet milik Paman Ah Tong. Upin Ipin ikut membantu neneknya menyadap karet di kebun itu.

Kebun Durian

Kebun durian juga muncul dalam cerita Upin Ipin ketika mereka berdua diajak oleh Tok Dalang mencari durian yang masak. Tok Dalang juga mengisahkan bahwa, karena terkenal dengan duriannya maka kampung mereka disebut dengan Kampung Durian Runtuh.

Hutan

Latar hutan muncul ketika Upin Ipin berjuang untuk menyelamatkan Opet, makhluk asing dari alam gaib yang suka memakan durian, dari sergapan para pemburu liar. Upin dan Ipin harus masuk lebih jauh lagi ke dalam hutan. Di hutan itu terdapat gua, ngarai, dan bukit.

Tadika Mesra

Tadika dalam bahasa Indonesia disebut TK, Tadika = Taman Pendidikan Kanak-Kanak. TK = Taman Kanak-Kanak. Intinya sama saja. Tadika Mesra, tempat Upin Ipin bersekolah juga menjadi tempat yang paling sering muncul dalam cerita. Di tahun pertama, Upin-Ipin dan kawan-kawan diajar oleh Cik Gu Jasmin. Cik Gu Jasmin digantikan oleh Cik Gu Melati.

Latar Khayalan Upin Ipin dan Kawan-Kawan
Selain latar tempat ‘nyata’ yang ada dalam cerita  Upin Ipin, juga ada latar yang diceritakan hasil dari khawayalan Upin Ipin dan Kawan-Kawannya. Latar cerita itu ada dalam dua cerita yaitu cerita ‘Metromilenium’ dan ‘Hang Upin dan Hang Ipin’.

Dalam cerita ‘Metromillenium’ Upin-Ipin menjadi penjaga perdamaian di Kota Metropolitan masa depan dari serangan robot. Latar cerita tersebut ada di kota besar yang sudah sangat maju. Alat transportasi masa depan tanpa roda. Tidak ada pohon. Yang ada hanya bangunan.

Dalam cerita ketika Upin Ipin menjadi penjaga lautan menjadi Hang Upin dan Hang Ipin yang melawan Perompak yang suka berpantun. Latar cerita tersebut ada di lautan, di atas Kapal, juga ada di pulau terpencil ketika Upin Ipin dan Perompak bersepakat untuk mencari harta karun bersama-sama.

Tetapi akhirnya kapal asing datang menghancurkan kapal Upin Ipin. Ternyat cerita petualangan di lautan merupakan khayalan Upin dan Ipin ketika mandi. Kapal asing adalah Kak Ros yang datang dan menyibakkan air ke arah kapal kertas Upin Ipin.

Demikian tadi penjelasan tentang latar cerita yang muncul dalam serial animasi anak Upin Ipin. Bagi yang suka nonton Upin Ipin pasti sudah tidak asing lagi dengan latar-latar cerita tersebut.

Posting Komentar

0 Komentar